Saturday, April 21, 2018

Membahas Pengertian Dari Seni Musik Dengan Singkat

Membahas Pengertian Dari Seni Musik Dengan Singkat

Kesenian Terbaik Indonesia - Seni musik adalah salah satu cabang seni yang memakai olah vokal, melodi, serasi, ritme, serta tempo jadi fasilitas mengekspresikan perasaan atau emosi penciptanya. Seni musik sekarang ini sudah jadi satu diantara fasilitas hiburan terpopuler bersamaan dengan perubahan tehnologi sekarang ini. Seni musik terbagi dalam alunan musik dari alat musik serta sebagian memakai olah vokal. Dalam bhs Inggris, “seni” dimaksud art serta “musik” dimaksud music.

1. Pengertian Seni Musik 

Seni musik datang dari dua kata, yakni “seni” serta “musik”. Seni yaitu hasil cipta, rasa, serta karsa manusia yang diwujudkan dalam beragam fasilitas. Sedang musik yaitu hasil pemrosesan nada, melodi, serasi, ritme, vokal, serta tempo. Jadi, dengan harfiah seni musik yaitu hasil cipta, rasa, serta karsa mausia yang diwujudkan dalam olahan nada, melodi, serasi, ritme, vokal, serta tempo.

Tak ada makna kata seni musik dalam Kamus Besar Bhs Indonesia (KBBI). Tetapi ada makna kata seni nada yang mempunyai arti paling dekat dari seni musik. Makna kata seni nada menurut KBBI yaitu seni olah nada atau bunyi (nyanyian, musik, dll).

2. Asal Mula Kata Seni Musik 

Etimologi kata “seni” datang dari bhs Sansekerta yang bermakna “penyembahan, service, pemberian”. Ada pula yang menyebutkan kalau asal mula istila “seni” merasa dari bhs Belanda genie yang datang dari bhs Latin yang bermakna “jenius”.

Sedang etimologi kata “musik” datang dari bhs Inggris music yang datang dari bhs Yunani mousikê. Mousikê mengacu pada semuanya seni yang di pimpin oleh Muses yang berbentuk musik serta puisi.

3. Pengertian Seni Musik Menurut Beberapa Ahli 

Saya berniat bedakan pengertian seni musik serta pengertian musik. Banyak beberapa pakar yang coba memberi pengertian seni musik menurut pandanganya semasing. Salah nya ialah Suhastjarja. Pengertian seni musik menurut Suhastjarja yaitu pengungkapan rasa keindahan seseorang manusia yang diwujudkan didalam suara atau bunyi yang selanjutnya hasilkan ritme serta serasi.
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 Kesenian Terbaik Indonesia | Powered by Blogger.