Monday, April 23, 2018

Membahas Pengertian Dari Seni Tari dan Fungsinya

Membahas Pengertian Dari Seni Tari dan Fungsinya

Kesenian Terbaik Indonesia - Pengertian seni tari pada dasarnya yaitu gerak badan dengan memiliki irama yang dikerjakan di satu tempat serta saat spesifik untuk mengungkap perasaan, fikiran serta maksud spesifik. Tetapi dengan lebih khusus sekali lagi, sebagian pendapat mengenai pengertian seni tari keluar dari sebagian pakar. Baik pakar dalam negeri ataupun luar negeri mempunyai pandangan sendiri pada pengertian seni tari. 

Unsur-unsur dalam Seni Tari 

Supaya terwujud satu gerak ritmis yang indah, ada banyak unsur yang membangunnya. Unsur-unsur itu dibagi jadi dua type, yaitu unsur paling utama serta unsur pendukung. 

Unsur Paling utama Seni Tari 

Satu pergerakan ritmis disebutkan jadi tarian jika telah meliputi tiga unsur paling utama seni tari. Bila salah tak ada semuanya atau satu diantara unsur itu, jadi tidak dapat dimaksud tari. Unsur paling utama itu yaitu. 


  • Wiraga (raga). Satu seni tari mesti menonjolkan pergerakan tubuh, baik dalam tempat berdiri maupun duduk. 
  • Wirama (irama). Satu seni tari mesti mempunyai pergerakan ritmis yang sesuai sama irama pengiringnya, baik dari tempo ataupun iramanya. 
  • Wirasa (rasa). Satu seni tari mesti dapat mengemukakan pesan perasaan lewat pergerakan satu tarian serta ekspresi penarinya. 


Unsur Pendukung Seni Tari 

Saat unsur paling utama telah tercukupi, jadi lebih baik bila unsur pendukung seni tari juga dipenuhi. Agar dalam satu pementasan sendra tari atau pertunjukan tari dapat tampak memiliki daya pesona. Unsur-unsur itu yaitu. 


  • Macam Gerak. Supaya satu tarian jadi indah dierlukan gabungan pergerakan pada sebagian anggota badan. Hingga bukan sekedar tangan serta kaki saja, namun lenggokan, lirikan mata, ekspresi serta gerak kepala dapat juga ditambahkan. Hingga satu tarian juga akan tampak lebih estetis sekali lagi. 
  • Macam Iringan. Bila satu tarian disertai musik ritmis jadi tarian juga akan daat di nikmati dengan gerak, nada serta perasaan. Namun semakin lebih hidup bila dibarengi dengan nada iringan yang merasa dari badan penarinya. Baik itu tepukan tangan, nada hentakan kaki, atau teriakan yang menemani gerak tariannya.  
  • Rias serta Kostum. Dalam satu tarian, unsur rasa harus juga dipenuhi agar pesan tariannya hingga. Agar hingga serta lebih mengena, jadi lebih bagus apabila diperlengkapi dengan riasan serta kostum yang sesuai sama topik tariannya. Hingga ekspresi muka serta gerak tariannya dapat menaikkan pesona serta keindahan satu pertunjukan tari. 
  • Alur Lantai/Blocking. Satu tarian juga akan tampak indah jika pergerakannya sesuai dengan alur lantai. Jadi pergerakan penari tidak terlalu fokus di dalam panggung atau pada satu titik saja. Penari mesti sesuaikan dengan tempat dan tempat penontonnya. Diluar itu, apabila tarian dipertunjukkan berkelompok, transisi antar penari harus juga ditata dalam soal blockingnya. Agar pergerakannya tidak kacau, kompak serta teratur. 


Beberapa jenis Seni Tari serta Contohnya 

Pada intinya seni tari bisa digolongkan jadi dua type. Keduanya digolongkan berdasar pada jumlah penarinya serta jenis genre/alirannya. 

Type Seni Tari Berdasar pada Jumlah Penarinya 

Dalam satu tarian, subyek paling utama yang mengerjakannya yaitu penari. Hingga jika diliat dari jumlah penarinya, seni tari bisa dibagi jadi tiga kelompok. 


  • Tari Tunggal (solo). Satu seni tari yang dibawakan oleh satu orang penari, baik lelaki ataupun seorang wanita. Misalnya yaitu Tari Gatotkaca Gandrung dari Jawa Tengah. 
  • Tari Berpasangan (duet). Satu seni tari yang dibawakan oleh dua orang penari dengan berpasangan, baik lelaki semuanya, wanita semuanya, ataupun seseorang lelaki serta seseorang wanita. Misalnya yaitu Tari Topeng dari Jawa Barat. 
  • Tari Berkelompok (group). Satu seni tari yang dibawakan oleh lebih dari dua orang atau sekumpulan penari, baik baik lelaki semuanya, wanita semuanya, ataupun kombinasi pada lelaki serta wanita. Misalnya yaitu Tari Saman dari Aceh. 


Peranan Seni Tari 

Berdasarkan pada peranan dari seni tari, ada banyak jenis peranan. Fungsi-fungsi itu salah satunya yaitu : 


  • Tari Pertunjukan, yaitu tarian yang disiapkan dengan masak untuk dipentaskan. Tarian ini mengutamakan pada bagian koreografi artistik, rencana serta inspirasi yang masak, dan topik serta tujuan yang terstruktur. 
  • Tari Upacara, yaitu tarian yang dikerjakan dalam upacara kebiasaan ataupun keagamaan. Tarian ini menitik beratkan ada kekhidmatan dan komunikasi pada sang pencipta. 
  • Tari Hiburan, yaitu tarian yang dimainkan cuma untuk menghibur penontonnya saja. Tarian ini umumnya memakai iringan musik dengan irama yang enak didengar hingga dapat menhilangkan jemu. 
  • Tari Pergaulan, yaitu tarian yang dikerjakan untuk sama-sama berhubungan serta berkesenian dengan. Tarian ini berbentuk ceria serta lincah dan berbentuk komunikatif, hingga dapat memberi hubungan atau timbal balik. 

Tari Kesenian, yaitu tarian yang ditampilkan untuk melestarikan budaya serta menghormati warisan budaya tradisionil. Tarian ini cuma dipentaskan pada acara-acara kebudayaan saja. 
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 Kesenian Terbaik Indonesia | Powered by Blogger.